Komplikasi Akibat Pembengkakan Jantung

Jantung bengkak itu adalah suatu kondisi fisik jantung yang mengalami pembesaran akibat pembengkakan. Komplikasi akibat pembengkakan jantung tersebut disebabkan oleh aliran darah yang menuju jantung tersumbat, sehingga jantung tidak mendapat suplai oksigen dan darah yang cukup. Jantung bengkak ini menyerang otot otot jantung itu sendiri, sehingga memicu jantung memompa secara tidak normal atau kehilangan daya pompa darah.

Komplikasi Akibat Pembengkakan Jantung
Komplikasi Jantung Bengkak / Kardiomegali

Tentunya apabila kondisi jantung tersebut dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah dan yang paling fatal ialah kematian. Sebelum membahas komplikasi akibat pembengkakan jantung yang dapat berakibat fatal tersebut ada baiknya kita mengetahui faktor penyebab terjadinya jantung bengkak dan gejala gejalanya.

Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Bengkak

  1. Kelainan organ jantung semenjak lahir / cacat organ.
  2. Faktor usia, semakin bertambah usia elastisitas otot pada jantung akan makin berkurang.
  3. Kelebihan berat badan (obesitas).
  4. Mengalami miokarditis yaitu suatu peradangan yang terjadi dipicu oleh infeksi virus.
  5. Menderita kardiomiopati, yaitu kelainan pada otot jantung yang berasal dari faktor genetik.
  6. Kurangnya aktivitas fisik seperti berolahraga, maka aliran darah akan kurang lancar.
  7. Penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi)
  8. Dampak dari komplikasi penyakit jantung iskemik yaitu penyakit yaitu penyakit yang ditandai dengan berkurangnya aliran darah ke jantung. Keadaan ini juga dapat pula memicu terjadinya angina (sakit angin duduk).
  9. Dampak dari aterosklerosis yaitu deposit lemak dalam tubuh satuatau lebih pembuluh arteri koroner.
  10. Rusaknya katup jantung, juga berpotensi menjadi pemicu terjadinya jantung bengkak karena demam rematik atau faktor lainnya. Sehingga membuat jantung harus bekerja lebih keras & tidak stabil, sehingga terjadinya pembengkakan jantung.
  11. Anemia (kurangnya darah merah), anemia yang tidak segera diatasi dapat mengakibatkan denyut jantung menjadi tidak beraturan. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan jantung harus memompa lebih banyak darah untuk mengganti oksigen dalam darah yang kurang.
  12. Amiloidosis, merupakan penyakit langka yang mempengaruhi jantung, suatu keadaan yang dimana protein tidak normal menyebar dalam darah, lalu disimpan di dalam jantung.
  13. Lemahnya otot jantung, ini terjadi diakibatkan oleh penyakit atau serangan jantung, yang memicu otot jantung harus bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Apabila didiamkan hal tersebut bisa mengakibatkan jantung menjadi bengkak.

Gejala Gejala Yang Ditimbulkan Penyakit Jantung Bengkak

  • Mengalami rasa tidak nyaman di area dada, seperti pada rasa nyeri yang selalu hilang timbul.
  • Mengalami jantung berdebar-debar & denyut jantung tak beraturan.
  • Cepat merasa lelah / capek.
  • Mengalami sesak nafas.
  • Merasa pusing akibat tekanan darah yang tinggi.
  • Terjadi pembengkakan pada tangan dan kaki.
  • Nafas pendek, apabila Anda tidak memiliki asma atau gejala lainnya, maka nafas pendek merupakan pertanda yang harus dicurigai sebagai penyakit jantung bengkak.
  • Sulit tidur yang disebabkan sesak nafas dan rasa tidak nyaman di dada.
  • Sering mual, dan berkurangnya nafsu makan.

Komplikasi Akibat Pembengkakan Jantung Yang Dapat Menyerang Anda

Jantung yang membengkak tentu akan mengakibatkan gangguan dalam tubuh, bahkan jantung itu sendiri dapat mengalami disfungsi, apabila jantung yang fungsinya adalah sebagai pemompa darah, lalu berhenti memompa darah tentu kematian tidak dapat dihindarkan.

Berikut beberapa komplikasi akibat pembengkakan jantung yang berbahaya bagi penderita jantung bengkak:

  1. Ruang pada jantung yang membengkak akan mudah menyebabkan darah tidak bisa dipompa keluar jantung sehingga darah akan menumpuk dan mengalami pembekuan sehingga terbentuk gumpalan gumpalan darah yang bisa memicu terjadinya penyakit stroke & emboli paru apabila masuk kembali ke dalam pembuluh darah.
  2. Gagal jantung, kondisi dimana jantung menjadi lemah dan kehilangan fungsinya untuk mengedarkan sel darah merah ke seluruh tubuh tentu merupakan komplikasi yang sangat serius dan berbahaya dari pembesaran jantung karena organ lain akan kekurangan protein dan oksigen yang dapat menyebabkan kerusakan organ lain.
  3. Serangan jantung, yang terakhir adalah jantung berhenti berdetak karena rusaknya otot otot jantung akibat pembengkakan, tentunya secara langsung akan menyebabkan kematian mendadak.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi akibat pembengkakan jantung segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli dan mencegah dampak yang lebih buruk lagi dengan menggunakan obat herbal jantung bengkak paling manjur.

Referensi: http://www.mayoclinic.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *